Jumat, 30 November 2012

Share : Koding Visual Basic



Seperti yang ane janjikan kemarin, ane bakal post mengenai cara membuat program dalam visual basic. Gampang kok, prinsipnya tinggal buat objek dan sisipkan kodingnya.
Oke, sebelumnya, ada hal penting yang harus jelasin sebelum kita turun langsung dalam koding. Yakni struktur program, di dalam visual basic terdapat struktur program diantaranya : Struktur Kontrol Keputusan (SKK) dan Perulangan (looping)
Struktur program sendiri berfungsi sebagai perintah yang dijalankan program. Karena untuk menjelaskan SKK dan Looping cukup panjang, maka ane lebih saranin download file berikut, didalamnya terdapat penjelasan mengenai kedua hal diatas.

DOWNLOAD PENJELASAN SKK / LOOPING

Udah baca? Oke langsung saja sekarang, proses koding. Yang harus dipersiapkan sebelumnya adalah VB software, bagi yang belum punya bisa download di bawah ini :

DOWNLOAD VB 6 PORTABLE
walaupun cm portable tp berfungsi baik kok, jauh lbh ringan drpd yang ga protable, jd lbh efisien untuk belajar


menurut ane, VB itu lebih mudah dipelajari dengan learning by doing (ceilah). Nah untuk karena itu, ane udh sediakan beberapa projek buatan ane untuk di otak atik dan dipelajari. Ane sediain mulai yang tingkat dasar hingga cukup berat beserta ane kasih pengantarnya biar ga tersesat :P

1. Buka VB
2. Buka file .vbp
3. play untuk mengerti cara kerja
4. pelajari kodingnya
5. customisation koding sesuai keinginanmu

file yang ane sediakan :

KALKULATOR
sangat mudah, tp membantu mengenal VB serta membantu belajar dalam menyusun user interface

TES BUTA WARNA
didalamnya lebih berisi SSK, kesulitannya tidak terlalu kok, coba ! :D

PELUANG
didalamnya terdapat SSK dan looping, banyak menggunakan variabel. Sehingga jika 2 file sebelumnya sudah berhasil di mengerti, file ini adalah tantangan baru.

Semua file ini ane buat ketika praktikum pemrograman semester 2 lalu. Coba yuk, kalau ada kesulitan komen aja :D

0 komentar:



:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Read more: http://monozcore.blogspot.com/2011/07/cara-membuat-emoticon-di-komentar.html#ixzz1l7SHJ1jM

Posting Komentar