Sabtu, 01 Desember 2012

OMI : Analisis Iklan

Organisasi dan Manajemen Industri, atau yang biasa kami (Mahasiswa TI Unbra) sebut dengan OMI adalah salah satu mata kuliah yang mempelajari mengenai pengelolaan suatu organisasi. Di  dalamnya kita akan banyak mengetahui mengenai strategi untuk diterapkan di suatu organisasi. Oleh karena itu, menganalisis iklan juga dilakukan di dalamnya, tujuannya untuk mengetahui seperti apa pola pikir perusahaan melalui iklannya, harapannya dengan analisis terhadap iklan tersebut akan memberikan bayangan ketika kita nanti bekerja pada suatu organisasi mengenai strategi  yang bisa kita terapkan melalui sebuah iklan atau media lain.

Nah kali ini ane akan share tugas analisis iklan ane beberapa bulan lalu, iklan yang ane analisis punya Coca Cola, judulnya Border, pemenang award bowl 2012. Cekidot Iklannya :





nah setelah liat iklannya, berikut contoh bentuk analisis iklan, semoga bermanfaat :




Pendahuluan
Iklan ini berjudul “Coca Cola – Border” dimana iklan ini merupakan iklan versi internasional dari Coca Cola Company. Iklan ini berhasil menyabet kategori iklan terbaik dalam Super Bowl Award. Iklan yang bercerita dua orang penjaga perbatasan yang kaku dan saling bermusuhan, namun akhirnya bisa saling berbagi akibat Coca Cola.
Dalam menganalis iklan ini, kami menggunakan metode Semiotika . Semiotika adalah studi tentang tanda dan cara tanda – tanda atau bekerja atau ilmu yang mempelajari bagaimana tanda bisa berfungsi serta bagaimana makna diproduksi. Dengan metode ini, kami berasumsi, semua tanda yang kami tangkap dalam iklan, memiliki informasi yang berhubungan dengan tujuan produksi.

Pesan Linguistik
Dalam iklan ini, tidak terdapat dialog antar pemeran dalam iklan, sehingga pesan linguistic hanya disiratkan dengan musik, gesture serta mimic.
·         Musik
Dalam music di iklan ini, digunakan music dengan alunan tegas dan klasikal. Menggambarkan permusuhan antar kedua pemeran dalam iklan. Nuansa musik klasikal menggambarkan bahwa hal seperti permusuhan ini adalah sebuah tradisi kuno yang sudah banyak dikoreksi di masa kini. Di akhir iklan, music sedikit berubah dengan lebih ringan, menunjukan perubahan setelah mereka meminum Coca Cola
·         Gesture & mimik
Mengamati hal ini, terlihat jelas penggambaran karakter keras antar kedua pemeran yang menunjukan permusuhan antar keduanya. Namun di tengah, ketika salah seorang pemeran  meminum Coca Cola, gesture dan mimic keduanya dibuat berubah, seolah menggambarkan efek kenikmatan yang dihasilkan setelah meminum Coca Cola

Pesan Ikonik
Pesan ikonik dilakukan dengan mengamati simbol serta tanda lain yang tergambar dalam iklan. Dalam iklan ini terdapat beberapa pesan ikonik. Diantaranya : Latar, warna, logo, kata penutup.
·         Latar
Latar dibuat di gurun, menggambarkan panas sehingga perubahan kesejukan begitu terasa ketika pemeran meminum Coca Cola. Latar belakang lain mengapa latar dibuat di gurun adalah, Coca Cola seolah ingin menjawab mengenai isu Coca Cola membiayai Israel dalam perang dengan Palestina, dengan iklan ini tersirat misi mereka adalah perdamaian bukan permusuhan.
·         Warna
Efek vintage pada video, membuat terkesan monotone, sehingga ini dimanfaatkan oleh Coca cola ketika memunculkan logo mereka yang berarna merah, sehingga mencolok sekali penampilan logo mereka yang tampil di tengah iklan
·         Logo
Penampilan logo sebanyak tiga kali, cukup menandakan iklan ini milik Coca Cola. Terutama ketika pemeran meminum Coca Cola, secara tidak langsung video zooming ke arah logo, sangat terlihat ingin menampilkan logo  produk mereka dengan tujuan logo mereka semakin dikenal meskipun sudah cukup terkenal.

·         Kata Penutup
“Open Happiness” sebuah kalimat yang tersemat di akhir iklan ini, jelas sekali menunjukan maksud dan tema yang ingin mereka usung, yakni perdamaian. Semakin menunjukan citra perdamaian yang dibuat oleh Coca Cola. Dan ingin mengesankan, jika pembeli membeli produk mereka, maka pembeli turut menyumbang misi perdamian yang banyak terdapat dalam CSR Coca Cola. Ini seolah ingin menjawab isu bahwa Coca Cola turut mendanai perang Israel – Palestina.


Pesan Ikon yang tidak terkodekan
·         Ide cerita
Penjaga perbatasan yang sangat kaku, terlihat dari ketika ada kertas yang hanya melewati perbatasan pun dilarang. Namun ketika seorang meminum Coca Cola dan seorang lain mengiba, maka kekauan diantara mereka melebur dan bahkan melanggar perbatasan demi membantu sesama. Dari ide cerita cukup menggambarkan Coca Cola ingin menunjukan misi perdamaian mereka. Dan seolah memperlihatkan setiap orang menginginkan Coca Cola, bahkan disaat tidak memungkinkan. Citra kenikmatan luar biasa dari meminum produk ini sangat ditunjukan disini.

Kesimpulan Iklan :
·         Coca Cola menyiratkan misi perdamaian mereka
·         Coca Cola dengan iklan ini ingin menampik isu keterlibatan mereka dalam perang Israel – Palestina
·         Coca Cola menunjukkan dengan mereka ada untuk berbagi dengan sesame, walaupun di kondisi yang susah, mereka akan berusaha membantu sesama.
·         Coca Cola dengan penggambaran cerita dan ekspresi dari pemeran, ingin menunjukan kenikmatan dari produk mereka.


Sumber :
bahasa.kompasiana.com/2012/04/13/analisa-semiotika/


0 komentar:



:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Read more: http://monozcore.blogspot.com/2011/07/cara-membuat-emoticon-di-komentar.html#ixzz1l7SHJ1jM

Posting Komentar